SWASTIKA - Widjaja-Library

"Make a Difference with education and be the best" -Antoni Widjaja

Breaking

Monday 31 March 2014

SWASTIKA


Secara visual swastika adalah Salib sama sisi dengan empat lengan, ditekuk 90 derajat. Secara geometri swastika ada yang menghadap jarum jam searah & ada juga yang berlawanan dengan arah jarum jam. Swastika merupakan simbol kuno yang telah ada & digunakan selama lebih dari 3.000 tahun bahkan melebihi simbol mesir kuno. Gambar swastika ini digunakan oleh banyak budaya di dunia, seperti Cina, Jepang, India, & Eropa bagian Selatan.

Pada abad pertengahan Simbol Swastika mulai banyak digunakan & memiliki istilah beragam; di Cina biasa dikenal dengan Wan, di Inggris dikenal dengan Fylfot, di Jerman dikenal dengan Hakenkreuz, di Yunani dikenal dengan Tetraskelion & Gammadion, di India dikenal dengan swastika. Peduduk asli Amerika juga telah lama menggunakan Simbol Swastika meskipun tidak ada kebenaran yang menegaskan dengan jelas telah berapa lama penduduk asli Amerika menggunakan simbol ini.

  • Swastika Lambang Nazi
Pada tahun 1920 Adolf Hitler memutuskan bahwa Partai Nazi membutuhkan Lencana dan bendera sendiri, menurut Hitler bendera harus menjadi simbol perjuangan dan efektif untuk dijadikan poster 17 agustus 1920 pada Kongres Salzburg, bendera merah dengan lingkaran putih dan Swastika Hitam Menjadi Lambang Resmi Partai Nazi, di Jerman Simbol Swastika dengan sebutan Hakenkreuz atau salib yang berkait

Bendera Nazi memiliki latar belakang merah & Swastika Hitam dalam lingkaran putih, ketiga warna tersebut diambil dari warna dasar Bendera Jerman lama yang digunakan pada masa kekaisaran Jerman 1897. Definisi warna-warna Swastika dalam Desertasi Adolf hitler “Mein Campf“: Merah merupakan gagasan sosial dari gerakan Nazi, putih melambangkan ide nasional, Swastika Hitam melambangkan misi perjuangan utuk kejayaan bangsa Arya. Sebelum partai Nazi resmi menggunakan Swastika “Hakenkreuz” sebagai  lambang, seorang penyair & idolog nasionalistik, Guido von List adalah orang pertama yang mengusulkan lambang ini untuk organisasi/gerakan anti-semit (permusuhan terhadap kaum Yahudi).
Dalam bahasa Jerman Hakenkreuz berarti: Kreuz (lengan bersilang) Haken “yang bengkok atau miring”, pada akhirnya Hakenkreuz diputuskan untuk tampil dengan memiliki sudut kemiringan & menghadap kedepan. Desain Hakenkreuz dengan ciri kemiringan sudut 45 derajat digunakan sebagai simbol paham yang digaungkan oleh Nazi, penggunaan simbol Hakenkreuz bukan mewakili kebencian atau pembunuhan terhadap kaum Yahudi, simbol Hakenkreuz bermakna “kebangkitan hidup”, namun sebagian orang banyak berpresepsi bahwa simbol Hakenkreuz sebagai simbol utama Nazi ini merupakan simbol kebencian yang begitu ditakutisebagaimana tentara SS dengan simbol Death Head nya.

No comments:

Post a Comment